• Sitemap
  • Telp. 0274.563515 ext 4211
TAGS: | Oleh | 27 Jun 2019 | 0 komentar

(FTI Press) Dalam rangka pengembangan kreativitas, minat dan bakat mahasiswa dalam bidang seni khususnya film, Direktorat Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi melaksanakan Program Festival Film Mahasiswa Indonesia (FFMI) 2019.

ASWINI Teknik Elektro Universitas Ahmad Dahlan (UAD)

“ASWINI”

Festival film tahun ini secara khusus didedikasikan bagi kesatuan dan persatuan bangsa yang diaktualisasikan dalam “Pesta Apresiasi Karya Sineas Muda Indonesia”. Melalui festival ini diharapkan dapat memberi ruang ekspresi bagi pembentukan pola pikir, sikap, dan perilaku yang positif dan lebih mencintai bangsanya. https://belmawa.ristekdikti.go.id/  

Event skala nasional seperti FFMI merupakan bagian dari aplikasi sebuah karya mahasiswa yang menciptakan film yang dituangkan dalam sebuah karya dan pemikiran yang bermutu. Hasil karya film mahasiswa untuk mengikuti FFMI harus memenuhi beberapa kriteria seperti : Tema film Indonesia Gemilang, Jenis film fiksi/pendek, durasi 10 menit (berwarna dan bersuara), Tahun pembuatan 2018&2019, Dibuat oleh Organisasi Mahasiswa, Produser, penulis naskah dan sutradara mahasiswa aktif terdaftar di PD-Dikti.dll.

Sinopsis : Aswini (17) dan Kasto (18) adalah sepasang suami istri yang telah menikah. Kehidupan pasca menikah tidak berjalan dengan baik. Sang suami yang berbekal ijazah SMP kesulitan mencari pekerjaan, sedangkan sang istri hanya mengurus rumah. Akibat tidak tercukupinya biaya hidup, membuat hubungan suami istri tersebut menjadi runyam. Tetapi Aswini adalah bintang. Bintang yang menghasilkan serta memancarkan cahayanya sendiri. Begitu pula Aswini, ia adalah seorang istri yang mandiri. Aswini sadar mereka menikah di usia yang belia, ia selalu berusaha melakukan segala hal sendiri agar tidak bergantung dengan suaminya. Aswini pun mencari pekerjaan. Akan tetapi, suaminya tidak menyetujui keputusan Aswini. Ia beranggapan bahwa tempat perempuan hanya berada di rumah. Ketidaksiapan psikis serta mental keduanya yang belum stabil menjadi penyebab pecahnya konflik. Ego masing-masing yang sama-sama tinggi berujung pada kekerasan verbal dan fisik yang dilakukan sang suami.

Aswini diperankan oleh mahasiswa Program Studi Teknik Elektro yang terdiri : Hanifah (Aswini),Andri Nur Hidayatulloh (Kasto), Renangga Yudianto (Sobari), Produser: Fery, Sutradara: Nabila Afsya Nur Fadhila, Penulis naskah: Nabila Afsya Nur Fadhila & Syahrani Pramia Lestari, Kameramen: M. Fahrurazi IB, dan Editor: M. Fahrurazi IB.

Mohon dukungan kepada civitas akademika UAD untuk mendukung film “ASWINI” pada lomba Festival Film Mahasiswa Indonesia (FFMI) 2019, dengan cara like & subscribed pada link youtube https://www.youtube.com/watch?v=x53ST5jI-6U

/(ns)