• Sitemap
  • Telp. 0274.563515 ext 3131
| Oleh | 19 Des 2013 | 0 komentar

Kuliah umum Ir aswandi 2Foto : Kuliah Umum Program Studi Teknik Kimia FTI UAD

Kampus, merupakan sebuah pendidikan tinggi tempat civitas akademika bereksperimen dan bertransformasi menjadi insan pribadi yang unggul. Banyaknya ilmu yang bisa digali dan diaplikasi akan menjadi sebuah kreatifitas yang  bermanfaat,  sehingga menumbuhkan minat mahasiswa untuk belajar  menghasilkan sebuah prestasi sesuai dengan minat disiplin ilmu yang ditempuh.

Bertempat di gedung auditorium D kampus 3 Universitas Ahmad Dahlan, Program Studi Teknik Kimia FTI UAD menyelenggarakan kuliah umum. Kuliah Umum dengan mengambil tema “mahasiswa teknik kimia harus menjadi mahasiswa yang memiliki kompetensi unggul” menghadirkan narasumber Ir. Aswandi (Direktur CV. Perkakas Jogja). Kuliah umum yang berlangsung pada hari sabtu 14 Desember 2013 ini dihadiri Endah Sulistiawati (Wakil Dekan FTI), Ir. Siti Jamilatun, M.T. (Kaprodi), dosen dan ratusan mahasiswa teknik kimia.

Ir. Aswandi lebih lanjut menjelaskan tentang karakter setiap mahasiswa yang memiliki skill dan tipe masing-masing. Walaupun tidak mewakili semua, secara umum mahasiswa terbagi dalam beberapa kategori jenis keunggulan antara lain :

Karakter pertama adalah mahasiswa dengan prestasi akademik yang unggul. Mahasiswa tipe ini biasanya memiliki indeks prestasi kumulatif lebih dari 3.5 (cumlaude) dan lulus dengan waktu yang cepat, menjadi asisten mata kuliah atau praktikum, penelitian, hingga mewakili kampusnya dalam berbagai kompetisi ilmiah nasional dan internasional.

Kuliah umum Ir aswandi 3Karakter  kedua adalah mahasiswa dengan aktivitas dan keterampilan organisasi  yang luar biasa.  Mahasiswa jenis ini menginvestasikan sebagian besar waktunya untuk aktif dalam berbagai kegiatan kemahasiswaan. Tipe mahasiswa ini dipastikan selalu mengupdate info serta pengetahuan yang baru.

Karakter ketiga adalah mahasiswa yang mandiri secara finansial. Menempuh pendidikan di perguruan tinggi dengan penghasilan sendiri tanpa “disubsidi” oleh orang tua atau keluarga. Penghasilan mereka bervariasi mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta. Bagi mahasiswa tipe ketiga ini, kuliah sambil mencari uang memberi pengalaman yang berharga sekaligus mendewasakan.

Karakter keempat yaitu mahasiswa yang  unggul dalam spesialisasi keahlian tertentu baik sejalan dengan disiplin ilmu maupun di luar bidang akademiknya. Untuk tipe keempat ini senantiasa mengasah keahlian dalam bidang yang ditekuninya setiap hari.

Terakhir adalah Karakter kelima adalah tipe mahasiswa ideal yang seimbang bahkan unggul dalam keempat bidang tersebut sekaligus. Meraka adalah yang mempunyai prestasi akademik di atas rata-rata, luar biasa dalam organisasi, sukses secara ekonomi dan memiliki spesialisasi keahlian khusus pula. Tipe mahasiswa seperti ini memang cukup langka tapi bukan berarti tidak bisa. Hanya mahasiswa yang sangat disiplin tinggi sesuai dengan karakter kelima.

Pertanyaannya sekarang, Anda ingin menjadi tipe mahasiswa yang mana ?…………. Kuliah umum yang berakhir pukul 13.00 wib ini mampu menumbuhkan minat belajar mahasiswa teknik kimia untuk lebih berkembang lagi dalam mengasah keahliannya masing-masing sesuai dengan kompetensi kuliah yang ada di Program Studi Teknik Kimia UAD.

(ns)

Video Dokumentasi

Kategori

Organisasi Mahasiswa