• Sitemap
  • Telp. 0274.563515 ext 3131
TAGS: | Oleh | 25 Des 2017 | 0 komentar

(FTI Press) Bahwa pada tanggal 18 – 19 Desember 2017 telah dilaksanakan pengabdian masyarakat dengan judul program “Pelatihan Pemanfaatan Perangkat Lunak Lectora dan Jardiknas untuk tenaga Kependidikan di Sekolah Menengah Muhammadiyah Se-kabupaten Gunungkidul” oleh tiga orang Dosen Teknik Informatika yakni Murein Miksa Mardhia. S.T., M.T., Dwi Normawati, S.T., M.Eng., dan Ahmad Azhari, S.Kom., M.Eng., dibantu oleh empat orang mahasiswa.


Pelatihan diadakan di ruang laboratorium komputer Sekolah Menengah Pertama (SMP) Muhammadiyah Semin selama dua hari. Kegiatan dibagi menjadi dua tahap. Tahap pertama dimulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 11.30 WIB, sedangkan tahap kedua dimulai pukul 12.30 WIB hingga pukul 15.00 WIB. Pelatihan dihadiri oleh 28 peserta dari Guru Sekolah Menengah Muhammadiyah Se-Kabupaten Gunungkidul.


Kegiatan dilaksanakan dengan memberikan materi pengantar multimedia dan pengantar Lectora, serta dilanjutkan dengan perancangan desain media pembelajaran oleh seluruh peserta pelatihan. Kegiatan pelatihan selanjutnya diisi dengan workshop dipandu oleh Dosen Pengusung Program (DPP) dibantu oleh beberapa Mahasiswa. Kegiatan Workshop pembuatan media pembelajaran dimulai dengan perancangan, pengisian content, dan pembuatan materi uji. Pada Gambar 1 dapat dilihat suasana kegiatan workshop lectora oleh Dosen.

Kegiatan disambut baik oleh para peserta, hal ini dapat dilihat dari antusias dan keaktifan para peserta sepanjang rangkaian kegiatan. Pada Gambar 2 dapat dilihat antusias peserta dalam mengikuti workshop dipandu oleh Mahasiswa. Pada akhir acara juga dilakukan post-test untuk membandingkan pengetahuan masyarakat sebelum dan sesudah dilakukan edukasi. Kegiatan berjalan dengan lancar sampai akhir acara, kegiatan ini ditutup dengan diskusi mengenai workshop dan pembagian konsumsi. Pelatihan ditutup dengan melakukan foto bersama dengan Dosen, Mahasiswa, dan Para Peserta Workshop. /(ns)

Video Dokumentasi

Kategori

Organisasi Mahasiswa