• Sitemap
  • Telp. 0274.563515 ext 3131
| Oleh | 23 Jan 2014 | 0 komentar
Delegasi UAD di depan Johann Bernoulli Institute RUG

Delegasi UAD di depan Johann Bernoulli Institute RUG

Dalam rangka meningkatkan kerja sama internasional, khususnya dalam peningkatan kemajuan bidang akademik, pada tanggal 12-19 Januari 2014, Dekan FTI – UAD turut serta dalam kunjungan ke tiga institusi di Eropa, masing-masing Universitas Groningen dan Leiden University Medical Center di Belanda serta Universitas Oldenburg di Jerman. Delegasi UAD dipimpin langsung oleh Rektor UAD, Dr. Kasiyarno, dengan anggota Dr. Widodo (Kepala LPP UAD), Dyah A. Perwitasari, Ph.D., (Dekan FFarmasi UAD), Kartika Firdausy, M.T. (Dekan FTI UAD), Ida Puspita, M.A.Res., (Kepala KKUI UAD), serta Dr.Ing. Suhendra (staf akademik Prodi Teknik Kimia FTI UAD).

groningen-university-president-600x399

Presiden RUG (nomor 4 dari kiri)

Kunjungan ke dua negara Eropa tersebut dalam rangka persiapan kerjasama riset, pertukaran tenaga pengajar (academic staff exchange), pengiriman staf untuk studi S3, serta penjajakan kerjasama kongkrit bidang akademik lainnya. Dalam pertemuan dengan Prof. Sibrand Poppema, Presiden Universitas Groningen Belanda, didiskusikan tentang penjajakan kerjasama riset dan akademik di bidang farmasi, teknik informatika, teknik elektro dan fisika, serta langkah-langkah formal yang diperlukan hingga terwujudnya MoU (Memorandum of Understanding) antara UAD dan RUG (Rijksuniversiteit Groningen / University of Groningen). Selanjutnya adalah kunjungan ke Zernike Campus. Di sini delegasi UAD disambut oleh Dr. Fiorella Brustolin (Policy Advisor International Relations) dan diantar menuju Johann Bernoulli Institute  yang merupakan bagian dari Faculty of Mathematics and Natural Sciences. Kepada Prof. Gerard Renardel de Lavalette (profesor di bidang Computer Science), Kartika Firdausy (Dekan FTI UAD) menyampaikan research proposal yang diajukan oleh dua orang staf akademik FTI, yang merupakan Ph.D. Program Prospective Applicants yaitu, Herman Yuliansyah dan Andri Pranolo. Kedua proposal tersebut akan diteruskan kepada Prof. Paris Avgeriou dan Prof. Rineke Verbrugge. Sedangkan proposal Nuryono S. Widodo disampaikan langsung kepada Prof. Bayu Jayawardhana, profesor di bidang mechatronics, robotics, systems & control theory.

eropa03

Lunch meeting with Prof. Wim Quax and Dr. Karen Voskamp (Pharmacy), and Prof. Bayu Jayawardhana (Technology Management), and Prof. Theo Elzenga (Science and Society)

Pertemuan dengan Prof. Wim Quax, Dr. Karen Voskamp, Prof. Bayu Jayawardhana, dan Prof. Theo Elzenga

Di Leiden University Medical Center (LUMC), tim UAD disambut oleh Board of Directors. LUMC  mendukung kemajuan pendidikan Indonesia, khususnya menyambut apa yang dilakukan oleh UAD dengan inisiatif kunjungan resmi ini. Sebenarnya kerja sama telah dimulai dengan adanya kunjungan profesor (visiting lecturer), Prof. A. Kaptein yang memberikan kuliah di UAD, yaitu di Fakultas Farmasi dan Psikologi. UAD dan LUMC sudah bersepakat untuk meningkatkan kerjasama yang akan dituangkan dalam bentuk Memorandum of Understanding (MoU) antara kedua belah pihak.

oldenburg-2-600x399

Pertemuan di PPRE – Oldenburg University

Mr. Dipl. Phys. Michael Golba, Direktur Postgraduate Programme Renewable Energy (PPRE) Universitas Oldenburg Jerman, memimpin diskusi dengan tim UAD terkait peluang kolaborasi riset tentang energi tebarukan. Kunjungan ke fasilitas laboratorium di lingkungan Dept. of Physics, dipandu langsung oleh Rany Miranti, salah seorang Ph.D. candidate di bidang Organic and Hybrid Photovoltaics yang berasal dari Indonesia. Acara selanjutnya adalah penyambutan delegasi UAD oleh vice president Universitas Oldenburg, Prof. Dr. Bernd Siebenhüner. Langkah kongkrit menuju terealisasinya MoU antara UAD dan Universitas Oldenburg akan ditindaklanjuti oleh KUI UAD dan International Relations Office Universitas Oldenburg. Hasil kunjungan ini sangat positif bagi kedua universitas. Salah satu yang terpenting, Universitas Oldenburg membuka peluang bagi staf akademik UAD untuk mengadakan kerjasama riset (joint research) di bidang unggulan seperti wind energy research, organic photovoltaics, nano energy research, marine biology, tidal energy (energi arus laut) dan neurosciences. Selain itu, Universitas Oldenburg juga terbuka bagi alumni UAD yang ingin melanjutkan studi master pada postgraduate programme renewable energy dan memberikan tawaran staf pengajar untuk melakukan riset S3/PhD bidang renewable energy, manajemen pendidikan, biologi, fisika, teknik elektro dan teknik kimia.

fac.-of-math-and-natural-sciences-oldenburg-600x399

Bersama Mr. Golba (sweater merah)

Dengan hasil kunjungan ke tiga institusi di Eropa ini, diharapkan akselerasi kemajuan dan prestasi akademis UAD akan semakin pesat, sehingga dapat meningkatkan prestasi mahasiswa dan lulusan UAD.

Video Dokumentasi

Kategori

Organisasi Mahasiswa