• Sitemap
  • Telp. 0274.563515 ext 3131
TAGS: | Oleh | 25 Sep 2019 | 0 komentar

(FTI Press) Badan Kerja Sama (BKS) SD/MI Muhammadiyah/ Aisyiyah Kabupaten Bantul Bekerja sama dengan Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Program Studi Teknik Informatika menyelenggarakan pelatihan bagi guru-guru. Pelatihan ini diselenggarakan setiap satu tahun sekali yang merupakan salah satu program pengabdian kepada masyarakat dosen Teknik Informatika. Pelatihan ini merupakan pelatihan yang ke dua yang dimulai sejak tahun 2018.

Universitas Ahmad Dahlan

Dalam pelatihan yang pertama tahun 2018, di fokuskan pada pelatihan pembuatan media pembelajaran. Sedangkan pelatihan tahun 2019 memfokuskan pada materi pembuatan kuis online, website sekolah dan blog. Dengan adanya pelatihan kuis online, pembuatan blog dan pelatihan website ini diharapkan setiap sekolah SD/MI Muhammadiyah/ Aisyiyah Kabupaten Bantul dapat memanfaatkan media online dalam pembuatan kuis bagi siswa-siswanya, website dan blog sebagai media informasi bagi semua civitas sekolah.

Universitas Ahmad Dahlan

Acara pembukaan pelatihan ini di hadiri Bpk Suhardi, M.Pd, Bpk Sunarto dan Bpk Imam Noryanto yang merupakan pengurus Majelis DikDasMen, ketua BKS dan kepala sekolah SD Unggulan Aisyiah. Sedangkan peserta dari pelatihan ini hampir semua guru perwakilan dari SD/MI Muhammadiyah Kabupaten Bantul yang berjumlah 55 sekolah. pelatihan ini diselenggarakan di SDU Aisyiyah Bantul.

Universitas Ahmad Dahlan

Pelatihan ini juga dikuti oleh 60 Guru yang merupakan perwakialn dari seluruh sekolah muhammadiyah/Aisyiyah Kabupaten Bantul. Dalam pelaksanaan pealtihan di bagi menjadi 2 kelas yaitu kelas A dan kelas B. Pada Tanggal 3 Mei 2019 untuk kelas A diisi pelatihan pembuatan blog yang di pandu oleh Lisna Zahrotun, S.T, M.Cs dan kelas B diisi pelatihan pembuatan Website yang dipandu Murinto, S.Si, M. Kom.

Hari kedua pelatihan tanggal 4 Mei 2019 pelaksanaan pelatihan untuk kelas A adalah pembuatan kuis online mengunakan google form yang di pandu oleh Dewi Soyusiawaty, S.T. M.T., sedangkan untuk kelas B dilaksanakn pelatihan pembuatan kuis online menggunakan Easytest Marker yang di pandu oleh Adhi Prahara, S.Si, M.Cs. Antusias peserta yang sangat luar biasa dalam mengikuti pelatihan ini, membuat pelatihan menjadi menyenangkan.

Dalam pelatihan ini peserta diminta untuk melengkapi website dan blog yang telah dibuat selama 2 bulan dan alamat hasil dari kuis online, website dan blog yang telah dibuat dikirimkan ke Tim PKM Dosen UAD. Hasil dari kuis online, website dan blog yang dibuat peserta sungat luar biasa, tinggal bagaimana para peserta memlihara dan menggunakan website dan blog tersebut sebagai media informasi sekolah.

Guna memaksimalkan hasil dari pelatihan ini, setiap sekolah dapat memanfaatkan website dan blog yang telah di buat. kedepan program lanjutan dari pelatihan ini adalah pendampingan pengelolaan website oleh mahasiswa, di mana mahasiswa mendapingi setiap sekolah. Kegiatan ini merupakan Kerja Praktek dari mahasiswa Teknik.Informatika UAD yang di terjunkan pada awal Agustus 2019. /(ns)

Video Dokumentasi

Kategori

Organisasi Mahasiswa