• Sitemap
  • Telp. 0274.563515 ext 3131
| Oleh | 30 Okt 2013 | 0 komentar

audit mutu 002Foto : Proses Audit Eksternal ISO 9001 : 2008 & IWA 2 : 2007 di Fakultas Teknologi Industri UAD

 

Selasa , 22 Oktober 2013, Fakultas Teknologi Industri UAD melaksanakan Audit Eksternal. Kegiatan ini bertujuan untuk Recertification ISO 9001 : 2008 & IWA 2 : 2007 Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, dikarenakan akan berakhirnya masa berlakunya pada tanggal 13 Desember 2013, maka UAD melakukan Audit Resertifikasi dengan mengundang Auditor Eksternal dari PT. BSI Indonesia sebagai lembaga Sertifikasi ISO 9001: 2008 & IWA 2 : 2007.

Dalam Audit Eksternal tersebut bertindak sebagai auditor adalah beliau Sholichin Agung Darmawan dari British Standard Institution (BSI).

audit mutu 005

Pada pukul 09.00 dilaksanakan opening meeting yang dihadiri Dekan, Wakil Dekan, Kaprodi dilingkungan FTI, Sekprodi, Kepala Laboratorium. Turut hadir juga Tim yang terlibat dalam ISO serta pendamping BPM Universitas Agung Kristanto, S.T., M.T. Sebelum  opening meeting, Auditor didampingi sejumlah Kepala Laboratorium terlebih dahulu melakukan kunjungan di sejumlah Laboratorium yang  ada dilingkungan Fakultas Teknologi Industri. Dalam sambutannya Dekan FTI Kartika Firdausy, S.T., M.T. menyampaikan bahwa ISO merupakan satu kesatuan yang tidak dapat terpisahkan dengan kegiatan yang dilakukan baik di tingkat Fakultas maupun di tingkat Universitas, apalagi salah satu Program Studi yang ada di Fakultas Teknologi Industri sebentar lagi akan melaksanakan proses Akreditasi, sehingga dengan ISO tersebut dapat lebih meningkatkan mutu Universitas terutama dilingkungan Fakultas Teknologi Industri.

audit mutu 006

Sebagai bagian yang tak terpisahkan dalam proses pengelolaan sistem manajemen mutu ISO 9001 : 2008 & IWA 2 : 2007 didalamnya disyaratkan untuk dilaksanakan kegiatan seperti ruang lingkup proses perkuliahan, termasuk kurikulum, sarana dan prasarana  perkuliahan, ujian,  Yudisium, dan perpustakaan. Manajemen mutu dapat dilakukan secara berkala maupun insidentil. Hal ini dimaksudkan untuk menetapkan dan memastikan aturan yang telah dijabarkan dalam klausul persyaratan ISO yang telah berjalan dengan baik dan terpenuhi unsur kontinuitasnya. Selain itu, melalui Audit Eksternal ini dapat dilihat seberapa besar efektivitas penerapan sistem manajemen mutu sehingga dapat dilakukan evaluasi secara berkala.

Ditempat terpisah Agung Kristanto sebagai pendamping Audit mengungkapkan bahwa Audit Eksternal ini mencakup Seluruh lingkup yang ada di Universitas seperti  Fakultas dan Program Pascasarjana, Laboratorium, BAA, BIFAS, BISKOM, BIMAWA, BPM, dan Perpustakaan.

(ns)

Video Dokumentasi

Kategori

Organisasi Mahasiswa