• Sitemap
  • Telp. 0274.563515 ext 4211
TAGS: | Oleh | 14 Nov 2019 | 0 komentar

(FTI Press) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) merupakan salah satu perguruan tinggi dari 66 Perguruan tinggi di Indonesia yang dipercaya menyelenggarakan Bebras Indonesia Computational Thinking Challenge 2019 . Bebras adalah sebuah inisiatif internasional yang tujuannya adalah untuk mempromosikan Computational Thinking (Berpikir dengan landasan Komputasi atau Informatika), baik di kalangan guru dan murid mulai tingkat SD, serta untuk masyarakat luas.

Fakultas Teknologi Industri Universitas Ahmad Dahlan
Kompetisi Bebras dilaksanakan serentak mulai tanggal 11-15 November 2019. Pelaksanaan Bebras Indonesia Computational Thinking Challenge (Tantangan Bebras Indonesia) 2019, diadakan untuk tiga kategori, yaitu Kategori Siaga, untuk siswa setingkat SD/MI: 12 soal, 40 menit, Kategori Penggalang, untuk siswa setingkat SMP/MTs: 15 soal, 45 menit, dan Kategori Penegak, untuk siswa setingkat SMA/MA/SMK: 15 soal, 45 menit. Universitas Ahmad Dahlan melalui Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknologi Industri menyelenggarakan Tantangan Bebras Indonesia 2019 pada hari Kamis 14 November 2019 yang bertempat di Ruang Meeting Perpustakaan Kampus IV UAD.

Fakultas Teknologi Industri Universitas Ahmad Dahlan
Menurut Dewi Pramudi Ismi, S.T., M. CompSc. (Ketua perguruan tinggi Bebras Biro UAD) menyampaikan “Bebras Indonesia Computational Thinking Challenge 2019 yang bertempat di UAD ini diikuti dari perwakilan Sekolah Dasar yang berada di Kabupaten Bantul dan Kabupaten Gunungkidul. Rangkaian acara Bebras cukup padat, sebelumnya kami juga menyelenggarakan lokakarya untuk Guru, agar guru memperkenalkan konsep komputasi atau informatika kepada siswa dan tantangan Bebras yang menyajikan soal-soal yang mendorong siswa untuk berpikir kreatif dan kritis dalam menyelesaikan persoalan dengan menerapkan konsep-konsep berpikir komputasional , “Terang beliau “.

Fakultas Teknologi Industri Universitas Ahmad Dahlan
Dengan adanya kompetisi Bebras ini diharapkan siswa bisa mengedukasi kemampuan problem solving dalam informatika, berpikir komputasional (Computational Thinking) sesuai metode menyelesaikan persoalan dengan menerapkan teknik ilmu komputer (informatika).

Fakultas Teknologi Industri Universitas Ahmad Dahlan
/(ns)