• Sitemap
  • Telp. 0274.563515 ext 4211
TAGS: | Oleh | 12 Okt 2018 | 0 komentar

(FTI Press) Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan telah mengambil peran penting atau bagian dalam kehidupan sehari-hari, Kecerdasan buatan (AI) bisa dibilang bidang yang paling menarik dalam robotika. Kecerdasan Buatan sendri untuk banyak hal, seperti dalam hal mengembangkan metode dan sistem untuk menyelesaikan suatu masalah, yang biasa diselesaikan melalui aktifivitas intelektual manusia, misalnya pengolahan citra, perencanaan, dan sebagainya.

UAD

AI biasanya dihubungkan dengan Ilmu Komputer, akan tetapi juga terkait erat dengan bidang lain seperti Matematika, Psikologi, Pengamatan, Biologi, Filosofi, dan yang lainnya. Kemampuan untuk mengkombinasikan pengetahuan dari semua bidang ini pada akhirnya akan bermanfaat bagi kemajuan dalam upaya menciptakan suatu kecerdasan buatan.

UAD

Fakultas Teknologi Industri Universitas Ahmad Dahlan (FTI UAD) menyelenggarakan kuliah umum dengan menghadirkan Prof. Dr. Kamarul Hawari Ghazali ( Faculty of Electrical and Electronics Engineering, Universiti Malaysia Pahang), pada hari Jumat 12 Oktober 2018. Kuliah umum yang berlangsung di ruang serbaguna Kampus 3 Universitas Ahmad Dahlan tersebut diikuti oleh mahasiswa Program Studi Teknik Elektro. Kuliah Umum ini dengan Tema “Future Technology Now”.

UAD

Penerapan AI pada robot menurut Prof. Dr. Kamarul Hawari Ghazali , “robot bisa melakukan apa saja yang diinginkan manusia sepanjang sistem kontrol penggeraknya bisa disetting dan tidak mengalami gangguan. Robot tersebut didesain sedemikian rupa dengan menggunakan ilmu kecerdasan buatan tingkat tinggi, yang didesain dengan berbagai kemampuan inipresif sehingga membuatnya mampu melakukan tugas-tugas kunci agar bisa hidup dan bekerja sesuai dengan kehidupan sehari-hari manusia.

Menurut beliau saat ini sudah ada robot yang bisa bergerak menirukan gestur yang mirip dengan manusia , karena robot tersebut dilengkapi dengan teknologi i-Walk. Salah satu kelebihan teknologi i-Walk ini mampu membuat gerakan-gerakan robot menjadi lentur hingga mirip gerakan manusia seperti robot ASIMO dari Jepang. /(ns)