• Sitemap
  • Telp. 0274.563515 ext 4211
TAGS: | Oleh | 09 Des 2019 | 0 komentar

(FTI Press) Mahasiswa Program Studi Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri Universitas Ahmad Dahlan (FTI UAD), berkesempatan melakukan Research Collaboration di 2 Universitas ternama di Jerman yaitu Flensburg University, Technische Universitat Berlin, dan Leipzig University (Germany). Mahasiswa tersebut terdiri dari : Mar’atul Husna (1615020099), Tifanny Rizka Ariandi (1714020004), dan Lia Septianingsih (1700020105), dengan didampingi dosen pembimbing Dr.Ing. SUHENDRA, M.Sc., yang Insha Allah berangkat pada hari Senin 09 Desember hingga 28 Desember 2019.

Teknik Kimia Universitas Ahmad Dahlan

Menurut Mar’atul Husna, riset yang akan dikolaborasikan yaitu Minyak ikan yang merupakan salah satu sumber docosahexaenoic acid (DHA). Tantangan kerusakan lingkungan menyebablan kesulitan supply minyak ikan ber kualitas dan aman dari pencemaran. Oleh karena itu, riset ini mengajukan sumber DHA yang digunakan berasal dari marine mikroalga dengan spesies Aurantiochytrium yang dikaji memiliki kemurnian DHA tinggi.

Teknik Kimia Universitas Ahmad Dahlan

DHA merupakan asam lemak tak jenuh yang dibutuhkan oleh tubuh. Sayangnya, tubuh manusia tidak dapat memproduksi DHA sendiri. Padahal, DHA diperlukan dalam program IVF. Oleh karena itu, dalam riset ini dibuat suatu suplemen DHA dari Aurantiochytrium yang dikemas dalam suatu cangkang kapsul berbahan dasar rumput laut spesies Eucheuma Cottonii.Suplemen itu juga kaya akan serat karena cangkang kapsul yang terbuat dari rumput laut.

Teknik Kimia Universitas Ahmad Dahlan

Aktivitas yang akan dijalani selama di Jerman yaitu penelitian dan konferensi. Kegiatan ini bertujuan untuk memperluas jejaring (network) penelitian mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan dengan Flensburg University, Technische Universitat Berlin, dan Leipzig University (Germany)) dan sesama ilmuwan sebidang di Jerman sehingga akan tercipta pemanfaatan sumberdaya dan sarana bersama antar-lembaga secara berkesinambungan.

Teknik Kimia Universitas Ahmad Dahlan

Diharapkan kolaborasi Ini mampu meningkatkan kemampuan mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan dibidang penelitian , meningkatkan pengakuan internasional (international recognition) bagi penelitian, meningkatkan mutu penelitian mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan dan jumlah publikasi ilmiah dalam jurnal ilmiah internasional bereputasi, dan tentunya kegiatan ini harus berlanjut setiap tahunnya. “ Terang Dr. Erna Astuti, S.T., M.T. (Ketua Prodi Teknik Kimia).

 

/(ns)