• Sitemap
  • Telp. 0274.563515 ext 3131
TAGS: | Oleh | 15 Sep 2019 | 0 komentar

(FTI Press) Bertempat di Laboratorium Analisis Dan Instrumentasi Program Studi Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri Universitas Ahmad Dahlan (FTI UAD), pada hari Kamis 12 September 2019 menyelenggarakan pelatihan penggunaan alat lab yaitu Gas Chromatography (GC).

Teknik Kimia Universitas Ahmad Dahlan

Gas Chromatography (GC) adalah teknik analitis yang digunakan secara sangat luas. Digunakan untuk menentukan komposisi campuran zat kimia (sampel), kromatograf gas menggunakan beragam gas dalam operasinya, bergantung pada jenis detektor dan penganalisis tertentu.

Teknik Kimia Universitas Ahmad Dahlan

Pelatihan ini diikuti seluruh dosen Teknik Kimia, Laboran, dan asisten praktikum, Gas Chromatography (GC) merupakan alat yang baru dibeli oleh Prodi Teknik Kimia sehingga dalam penggunaan alat tersebut prodi menghadirkan narasumber dari vendor langsung.

Teknik Kimia Universitas Ahmad Dahlan

Dalam pelatihan tersebut narasumber menyampaikan pengantar dan fungsi serta tahapan-tahapan dalam menggunakan saat praktikum. kromatografi menyangkut metode pemisahan yang didasarkan atas distribusi deferensial komponen sampel diantara dua fasa. Hal tersebut mengacu pada beberapa sifat komponen, yaitu : Melarut dalam cairan, Melekat pada permukaan padatan halus, Bereaksi secara kimia. Sifat-sifat tersebutlah yang dimanfaatkan dalam metode kromatografi ini, yaitu perbedaan migrasi komponen-komponen di dalam sampel.

Teknik Kimia Universitas Ahmad Dahlan

Dalam pelatihan ini setiap peserta diberi penjelasan secara detail tentang setiap fungsi dan kegunaan dari tombol maupun komponen alat tersebut. Para peserta juga melakukan praktek secara langsung penggunaannya, mulai dari pertama kali menyalakan kompresor hingga proses tahapan praktikum menggunakan alat Gas Chromatography .
/(ns)

Video Dokumentasi

Kategori

Organisasi Mahasiswa